Jumat, 26 Juni 2015

PENGERTIAN PENDIDIKAN








Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang karena di dalam pendidikan setiap orang akan mampu mengembangkan pikiran dan keterampilannya. Maka dari itu banyak para ahli yang mengungkapkan definisi pendidikan, seperti :
1.      Frederick J. Mc Donald berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses yang arah serta tujuannya adalah untuk merubah tabiat manusia
2.   Ahmad D. Marimba sendiri berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik terhadap proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, dengan tujuan supaya terbentuk kepribadian yang unggul. Kepribadian yang unggul ini memiliki makna yang cukup dalam, yaitu pribadi yang bukan hanya pintar secara akademis tapi juga baik secara karakter.
3.    Langeveld Berpendapat bawha pendidikan merupakan suatu usaha serta upaya yang dilakukan oleh manusia yang sudah dewasa dalam membimbing manusia yang masih belum dewasa ke arah kedewasaan. Bimbingan disini dalam arti luas, yaitu memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada anak-anak bagaimana dia harus bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugasnya, mengajarkan kemandirian, saling menghormati, rasa tanggung jawab, serta bimbingan lainnya.
4.   Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia berpendapat bahwa pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak adapun maksudnya pendidikan bertujuan dalam menuntun (bukan menentukan) segala kekuatan kodrat (hendak Tuhan) yang ada pada anak-anak tersebut, agar kelak nantinya mereka sebagai anggota masyarakat dapat meraih keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
5.   Plato dan para ahli lainnya yang kemudian di adopsi kedalam UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003. Pada aturan ini menjelaskan bahwa pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
6.   Pengertian Pendidikan Menurut Dictionary Reference, situs pengertian berbahasa inggris, bahwa pengertian pendidikan adalah tindakan atau proses menyampaikan atau memperoleh pengetahuan umum, mengembangkan kekuatan penalaran dan penilaian, dan umumnya mempersiapkan diri sendiri atau orang lain secara intelektual untuk kehidupan dewasa.
7.      Menurut Bapak C.D. Hardie dalam monografnya, Truth and Fallacy in Educational Theory (1941 Pengertian pendidikan), bahwa pendidikan seharusnya mendidik seseorang dengan alami (nature), bahwa seorang guru harus bertindak sebagai tukang kebun yang membina tumbuhan secara alami dan tidak melakukan hal hal yang tidak alamiah. Dalam monografnya, C.D. Hardi mengkritik pemerintah yang memberikan aturan aturan (law) yang mengatur pendidikan
8.      Pengertian pendidikan Menurut Bapak Comenius pada abad pertengahan, bahwa pendidikan adalah proses dimana individu mengembangkan kualitasnya  terhadap agama, ilmu pengetahuan dan moralnya, yang membuatnya mampu mengklaim dirinya sebagai manusia
9.   Pengertian pendidikan Menurut Bapak Aldous Huxley bahwa pendidikan yang sempurna adalah dimana semua manusia dilatih agar siap untuk ditempatkan dalam hirarki sosial akan tetapi dalam prosesnya tidak melakukan penghancuran atau pengrusakan terhadap individu atau karakter unik atau khas seseorang.
10.  pendidikan menurut Bapak Herman Harrell Horne bahwa pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) (education is a process of continuous (perpetual)) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental ( higher adjustment for the human beings who have evolved physically and mentally), yang bebas dan sadar kepada tuhan (which is free and conscious to God)

sumber : Sosiology of Education by S.S Chandra, S.S. Chandra dan Rajendra Kumar Sharma.
Horne Herman Harrell. http://ncpedia.org/biography/horne-herman-harrell
Philosophy Of Education. http://plato.stanford.edu/entries/education-philosophy/
John Dewey Theories of Education, https://www.marxists.org/archive/novack/works/1960/x03.htm.
Definition of Education. http://dictionary.reference.com/browse/education
http://www.apapengertianahli.com/2015/01/pengertian-pendidikan-pendapat-ahli-pendidikan.html#_

0 komentar:

Posting Komentar